Integrated Marketing Communication (IMC) di era digital sudah berevolusi menjadi Unified, di mana channel komunikasi tidak lagi berdiri sendiri-sendiri. Mereka terintegrasi dan menjadi satu kesatuan, namun mampu memberikan pesan berbeda-beda sesuai dengan pelanggannya.
Workshop ini sangat cocok bagi para Marketers Offline dan Online yang ingin memiliki efek domino terhadap pelanggannya dengan pendekatan IMC terkini.
IMC dalam pendekatan O2O memberikan jawaban pertanyaan penting bagi para marketers:
1.Apakah brand awareness selalu menjadi cost center?
2.Bagaimana mengkonversi brand awareness menjadi revenue?
3.Bagaimana memindahkan Multi-Channel Strategy menjadi Unified Commerce Strategy?
4.Bagaimana tren media internet sebagai bagian dari IMC yang interaktif dan customized?
Materi Pembahasan Selama 2 Hari:
Penerapan Non-Conventional Media (Digital Media) Dalam O2O Channels
Media digital sudah sangat banyak pilihan yang bisa digunakan, namun tidak semuanya dapat dimanfaatkan oleh para Marketers. Sesi ini memberikan pemahaman bagaimana matrix digital media yang mampu memberikan impact kepada setiap pesan atau konten yang ingin disampaikan.
Evolusi Strategi Komunikasi
Strategi dan taktik komunikasi sudah mengalami perubahan. Dari transaksi menjadi relationship, dari one way communication menjadi two way communication dan dari mass marketing menuju customized communication. Sesi ini membahas perubahan paradigma IMC dan pengaruhnya terhadap strategi & taktik komunikasi.
Integrasi Komunikasi
Dengan berbagai pilihan media dan aktifitas, maka sangatlah penting untuk mengintegrasikan secara efektif. Integrasi meliputi konten, database, aktifasi front dan backend secara 2 arah, termasuk bagaimana mengintegrasikan corporate dan brand strategi antara marketing dan PR untuk menghasilkan IMC yang berhasil di era digital saat ini
5 Tahap IMC
IMC dimulai dengan: (1) Identifikasi pelanggan dengan database management, (2) Evaluasi terhadap nilai pelanggan, (3) Menciptakan pesan komunikasi, (4) Mengukur return (ROI) dan (5) Menentukan budget dan evaluasi.
Database Management
Dalam IMC, database memiliki fungsi yang kritikal. Bagaimana membangun database untuk IMC?. Bagaimana menggunakan database secara maksimal bagi implementasi IMC?
Marcom Delivery
Tahap pertama untuk menentukan message adalah dengan menganalisa Brand Contact & Customer Experience. Hasil audit Brand/Customer Contact ini akan membuat marketers dapat menetapkan pilihan media secara efektif dan mendesain pesan/message yang mendorong konsumen untuk membeli dan loyal terhadap mereka.
Mengukur ROI Komunikasi
Mengukur ROI komunikasi dari perspektif short-term dan long-term. Berbagai pengukuran financial seperti kenaikan profit, Customer Lifetime Value (CLV) dan Brand Equity dalam sesi ini akan dibahas.
Segera daftarkan diri Anda & tim Anda dalam public training Marketing Academy dengan bahasan Integrated Marketing Communication in Digital Era!
Bagikan workshop ini:
Free Consultation
We will be delighted to assist you in finding the most relevant workshops, suited to your company’s needs.