Dengan semakin kompetitifnya persaingan, menjadikan aktifitas riset pemasaran menjadi sangat penting bagi perusahaan dalam usaha untuk memformulasikan strategi pemasaran yang tepat dan berorientasi kepada kebutuhan pelanggan.
Sejalan dengan perkembangan teknologi digital, terjadi pergeseran besar dalam industri riset. Online riset telah berkembang termasuk di Indonesia, sehingga dalam workshop ini juga akan dibahas new research (online research).
Melalui workshop ini para peserta diharapkan dapat mengidentifikasikan, memahami, serta melaksanakan berbagai bentuk riset pemasaran serta membuat proposal tentang survei yang akan dijalankan.
Materi Pembahasan Selama 2 Hari:
The New Way of Doing Marketing Research : Data Collection, Analysis & Reporting
Tehnik-tehnik data collection terbaru di Era Digital serta pemanfaatan teknologi untuk proses quality control. Analisa dan reporting secara digital dengan report ditampilkan dalam dashboard.
Marketing Research Process
Dibahas kaitan antara marketing information systems dan marketing environment untuk menghasilkan suatu marketing decisions dan communications yang efektif. Pada tingkat ini dijelaskan tentang hal-hal yang dapat dijawab melalui Riset Pemasaran. Kemampuan untuk menterjemahkan “strategy objectives” ke dalam “information objectives” dan mendesain sebuah riset.
Qualitative Research (FGD)
Pembahasan diarahkan kepada kemampuan peserta untuk dapat menggunakan secara efektif riset kualitatif. Dimulai dari kegunaan, jenis-jenis riset kualitatif termasuk one on ones, focus group discussion, cara melaksanakan hingga criteria seorang moderator yang efektif juga akan dibahas cara mengadakan FGD secara online di era new normal.
Quantitative Research (Survey)
Dibahas mengenai “Survey Methodology” yakni tentang cara melakukan riset kuantitatif yang benar, termasuk penentuan sample size, hingga cara membuat kuesioner yang efektif. Dalam pembuatan kuesioner, dibahas pula mengenai skala pengukuran yang berperan penting dalam menentukan jenis analisa data yang diperlukan untuk tujuan tertentu seperti ordinal, nominal dan interval, serta terdapat sesi workshop: “Evalusi Kuesioner”
Analysis : Basic Data Analysis & Advanced Data Analysis
Tehnik-tehnik pengolahan data, tabulasi serta analisa dasar atau awal yang dipergunakan dalam riset pemasaran. Dibahas juga beberapa tehnik analisa yang sering digunakan dalam riset pemasaran yang sedikit lebih “complicated” yakni: multivariate techniques seperti factor analysis juga dibahas pada session ini.
Segera daftarkan diri Anda & tim Anda dalam public training Marketing Academy dengan bahasan The Right & New (Online) Way of Doing Powerful Marketing Research ! Jumlah peserta terbatas!
Bagikan workshop ini:
Free Consultation
We will be delighted to assist you in finding the most relevant workshops, suited to your company’s needs.