On Site Workshop
30 Seats Available
14 – 15 November 2024
Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan – Jakarta.
Sales force memiliki peran yang semakin penting dalam menentukan kinerja penjualan, pangsa pasar, kekuatan merek, dan loyalitas pelanggan.
Sayangnya, banyak perusahaan hanya memprioritaskan untuk meningkatkan motivasi sales force team untuk mencapai kinerja penjualan yang maksimal.
Yang sering terlupakan adalah membangun strategi dan desain sales force yang efektif. Tanpa strategi yang efektif, sulit bagi perusahaan untuk mampu menciptakan sales force yang produktif, bermotivasi tinggi, kinerja yang optimal dalam jangka pendek dan jangka panjang.
Materi Pembahasan Selama 2 Hari:
Grand Sales Strategy
Sesi ini akan membahas berbagai konsep strategi penjualan seperti Go-to-Market Strategy, Sales Force Structure, menentukan jumlah sales force, dan sales territory aligment. Sales force strategy ini juga sangat ditentukan oleh perubahan lingkungan bisnis dan faktor-faktor internal perusahaan.
Segmentation & Offering Strategy
Strategi yang efektif selalu dimulai dari pelanggan. Mengenal karakteristik pelanggan dan kemudian membuat strategi segmentation pelanggan dan menciptakan produk dan pelayanan yang tepat untuk setiap segmen pelanggan.
Go-to-Market Strategy
Di sesi ini akan dibahas berbagai tipe selling channel. Sales force leader kemudian harus menentukan selling channel yang efisien dan efektif. Dengan jumlah channel yang semakin berkembang, maka sangat mungkin perusahaan perlu mengembangkan multi-channel. Demikian juga, perusahaan harus memilih antara direct atau in-direct sales force.
Sales Force Structure
Sales force leader haruslah membuat berbagai evaluasi dan program untuk menentukan sales force structure. Bagaimana matrix antara produk dan pasar? Bagaimana spesialisasi aktifitas penjualan? Bagaimana trade-off antara koordinasi dan control? Apakah lebih baik sales dibagi berdasarkan product-based specialization atau market-based specialization?
Sales Roles Design
Peran dan job description dari sales force sangat penting untuk pencapaian revenue dan besarnya biaya. Apa saja yang menjadi peran-peran sales force? Peran-peran sales force yang dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas? Bagaimana mengukur kinerja dari sales force? Apa peran seorang sales manager?
Sizing Strategy
Sales force sizing yaitu menentukan berapa banyak tenaga sales force yang dibutuhkan akan berpengaruh terhadap cost & profitabilitas. Apakah jumlah sales force Anda sudah cukup atau terlalu banyak? Bagaimana menentukan jumlah sales force yang tepat?
Sales Territory Alignment
Perusahaan yang dapat mengelolah sales territory yang tepat akan mampu memperoleh coverage yang tinggi, reward yang fair bagi semua team sales force dan sekaligus kontrol terhadap cost. Faktor yang menentukan kesuksesan dalam territory management adalah seleksi kriteria yang tepat, konsep kepuasaan dan juga ketersediaan software untuk implementasi territory.
Segera daftarkan diri Anda & tim Anda dalam public training Marketing Academy dengan bahasan Sales Force Strategy! Jumlah peserta terbatas!
Bagikan workshop ini:
Free Consultation
We will be delighted to assist you in finding the most relevant workshops, suited to your company’s needs.